1.
Definisi dan Dasar Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan yang sistematis terhadap
suatu masalah yang dihadapi, yang menyangkut pengetahuan tentang hakikat dari
masalah yang dihadapi, pengumpulan fakta dan data yang relevan dengan masalah
yang dihadapi, analisis masalah dengan mempergunakan fakta dan data, mencari alternatif
pemecahan, menganalisis setiap alternatif sehingga ditemukan alternatif yang
paling relasional dan penilaian hasil yang dicapai sebagai akibat daripada
keputusan yang diambil (Sondang P. Siagian, 1981).
Pengambilan keputusan merupakan kegiatan
yang dilakukan oleh eorang (pimpinan) atau sekelompok orang
(antarpimpinan atau antarpimpinan dan bawahan) dalam usaha memecahkan dan
mencari solusi dari suatu problema yang dihadapi dengan merumuskan, menetapkan
berbagai alternative. Ssatu dari beberapa alternative yang dianggap paling
baik, tepat dan rasional dipilih untuk dilaksanakan. Dengan demikian, mengambil
keputusan berarti memilih dan menetapkan satu alternative yang dianggap paling
tepat dari beberapa alternative yang dirumuskan. Alternative yang dipilih dan
sekaligus sebagai keputusan harus fisibel, realistis, dan mungkin untuk
dilaksanakan dengan dukungan sarana, prasarana, dan sumber-sumber daya yang
tersedia.
2.
Jenis-Jenis Keputusan Organisasi
Jenis keputusan dalam sebuah organisasi dapat digolongkan berdasarkan
banyaknya waktu yang diperlukan untuk mengambil keputusan tersbut, bagaimana
organisasi harus dapat melibatkan dalam mengambil keputusan, dan pada bagian
organisasi mana keputusan tersebut difokuskan.
Secara garis besar jenis keputusan terbagi menjadi dua bagian:
a.
Keputusan rutin
Keputusan
rutin adalah keputusan yang sifatnya rutin dan berulang-ulang serta biasanya
telah dikembangkan unuk mengendalikannya.
b.
Keputusan tidak rutin
Keputusan
tidak rutin adalah keputusan yang diambil pada saat-saat khusus dan tidak
bersifat rutin.
3.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan
1.)
Ketidakpastian
2.)
Mengandung resiko
3.)
Kompleks
4.)
Keterbatasan resource
yang tersedia
5.)
Kecerdasan, dalam memahami dan menyusun berbagai
tidakan pilihan
6.)
Persepsi, belajar dari apa yang dilihat dan apa yang
diamati dan diterapkan dalam memberikan pilihan
7.)
Falsafah, pandangan dan prinsip hidup yang membuat kita
memiliki preferensi terhadap berbagai hasil yang diharapkan dapat diperoleh
dari keputusan.
4.
Implikasi Manajerial
Pengambilan keputusan akan menghasilkan
sesuatu yang mengagumkan karena semua pengamblan keputusan harus didasari
dengan pemikiran yang matang ditambah dengan manajemen pengambilan keputusan
akan menghasilkan keputusan yang lebih matang dan berguna untuk kedepannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar